Viral Video Artis, Masturbasi dan Hari Masturbasi Nasional

Viral

VIRAL – Dalam budaya Timur, masturbasi masih dianggap tabu untuk diperbincangkan dan kerap dikaitkan dengan perilaku maupun kondisi psikologis seseorang. Maka tak heran ketika video masturbasi yang diduga dilakukan atlet dan artis Indonesia tersebar luas di dunia maya, publik serta-merta menjadikannya topik perbincangan hangat.

Namun perspektif tentang masturbasi dari sudut pandang budaya Timur, bisa sangat berbeda dengan di negara-negara Barat. Aktivitas melakukan sentuhan terhadap diri sendiri untuk mencapai kenikmatan seksual (orgasme) tersebut dianggap legal, misalnya di Amerika Serikat dan Inggris. 

Masturbasi disebut juga onani, yaitu kegiatan untuk memuaskan syahwat dengan cara mengeluarkan “secara paksa” air mani. llmu sains juga tak luput dari menyoroti masturbasi yang terkait dengan aspek kesehatan.

Mengutip dari Science Alert, Selasa, 23 Maret 2019, ada rumor yang menyebut masturbasi dapat menyebabkan infertilitas dan bahkan kebutaan. Namun penelitian membantah bahwa itu tak benar.

Masturbasi dapat dijelaskan, pada tingkat yang sangat dasar, ia melepaskan dopamin – neurotransmitter yang mengaktifkan rasa senang pada otak, dan endorfin yang secara aktif mengurangi persepsi rasa sakit.

Mengutip Wikipedia, di negeri Paman Sam, terdapat Hari Masturbasi Nasional (National Masturbation Day) yang diperingati tiap 28 Mei. Sementara di Inggris dan Australia, hari tersebut dinamakan Wankers Day, yang dirayakan sebagai bentuk ekspresi terhadap rasa cinta pada diri sendiri.

Bahkan sebagian orang ada yang memeringatinya bukan sebagai hari saja, melainkan bulan. Jadi sepanjang bulan Mei itu disebut Bulan Masturbasi Nasional. Laporan Las Vegas Weeklypernah mengangkat tentang asal mula Hari Masturbasi Nasional, yang dipublikasikan pada 11 Mei 2011.

Sejarah Hari Masturbasi Nasional dicetuskan untuk melindungi dan merayakan hak untuk bermasturbasi. Hari Masturbasi Nasional pertama diperingati pada tanggal 7 Mei 1995, setelah toko alat seks Good Vibration menyatakan bahwa hari itu adalah untuk menghormati Dokter Bedah Umum AS Dr. Joycelyn Elders yang dipecat Presiden Bill Clinton pada tahun 1994, karena menyarankan masturbasi menjadi bagian dari kurikulum pendidikan seks untuk siswa.

Singkatnya, dari peristiwa tersebut kemudian bergulir kampanye sosial yang berbicara tentang masturbasi dan manfaatnya. Kemudian berkembang menjadi ajang promosi yang cukup menggiurkan untuk memasarkan vibrator, pendidikan seks dan pornografi – yang merupakan bagian dari kehidupan seks yang sehat dan bahagia.

Meski budaya Barat telah secara terbuka menerima masturbasi dan melegalkannya, namun pada perjalanannya sendiri masturbasi diwarnai dengan stigma negatif, rasa malu dan kesalahpahaman. Beberapa mengaitkannya dengan rumor penyebab kebutaan dan infertilitas. Namun penelitian, sebagaimana disebutkan di laman Science Alert, tidak menemukan buktinya.

Sumber Berita : Viva.co