Gegara Surat Suara Capres, Sudah 4 Jam Pemilihan Ditunda

0
150

MUARO JAMBI – Pesta demokrasi Pemilu Umum serentak 2019, Rabu (17/04/2019) sepertinya bakal menyisakan catatan bagi penyelenggara dan warga Dusun Kampung Baru, Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam. Pasalnya, Pemilu urung dilakukan lantaran surat suara Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden tidak ada.

Informasi yang dihimpun, ratusan warga menunggu sekitar 4 jam dari jadwal seharusnya. Ada 2 TPS yakni TPS 32 dan 31 yang tidak mendapat surat suara Capres. Sementara surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten ada.

“Tadinya tidak ada. Waktu kita cari, rupanya terselip,” ungkap salah satu penyelenggara pemilihan di TPS 31 saat di konfirmasi.

Jika di TPS 31 yang tercatat ada 174 pemilih yang terpantau tengah berlangsung pencoblosan, kondisi berbeda terlihat di TPS 32.

Ratusan warga tampak menanti di sekitar TPS yang memiliki 266 pemilik suara. Sementara beberapa penyelenggara, tampak mondar-mandir.

“Masih nunggu mas, surat suara Capres ngak ada,” kata Julianto, warga RT 24.

Kondisi ini, tentu saja sangat jauh dari harapan. Antusias warga sangat tinggi, hingga rela mengantri.

“Memang sengaja libur mas. Ngak ke kebun. Kita kan pesta (demokrasi,red) hari ini,” bilangnya yang diamini warga lain.

Salah satu penyelenggara menjelaskan, saat suara dibuka, tidak ditemukan surat suara Capres. Dalam kolom Capres, justru terdapat surat suara DPR RI.

Sementara dikonfirmasi hal ini, Elfi Prasatia, Komisioner KPU Muaro Jambi belum dapat dikonfirmasi. Hingga pukul 11.00 Wib, penyelenggara berinisiatif mendata undangan atau C6 warga. (Erw)