Ini Tanggapan Pengamat Politik Jambi Terkait Caleg Incumbent

0
98

JAMBI – Sejumlah anggota DPR RI Jambi, nyaris kembali ambil bagian dalam legislatif yang hanya tinggal beberapa hari lagi, bakal berlangsung.

Pertanyaanya, apakah sejumlah Caleg Incumbent yang tak lain wakil rakyat Jambi tersebut, masih layak kembali dipilih pada 17 April 2019 mendatang? Atau tidak?

Lalu bagaimana tanggapan para pengamat politik Jambi, terkait kontribusi para Incumbent tersebut selama duduk di senayan?

Jafar Ahmad, Direktur Idea Institute yang juga pengamat politik Jambi ini saat dibincangi mengaku, terkait apakah layak atau tidak para Incumbent tersebut dipilih kembali atau tidak, tentu secara demokrasi itu haknya rakyat.

“Namun jika bicara apakah mereka para Incumbent tersebut, berkontribusi banyak terhadap daerah saat mereka duduk atau tidak, persoalan ini yang tidak ada tolak ukurnya.

“Salah satu faktornya, tentu minimnya informasi yang didapat warga, terkait apa saja yang sudah dilakukan caleg Incumbent saat mereka menjadi wakil rakyat di tingkat pusat. Nah, disitulah warga bisa menentukan pilihan, terkait masih layak atau tidak para incumbent untuk kembali dipilih,” kata Jafar Ahmad, baru-baru ini.

Misal tambah Jafar, para senator yang kembali bertarung tersebut, memiliki website tersendiri, sehingga masyarakat secara umum, bisa mengakses berbagai informasi sang Caleg, termasuk apa saja yang sudah dilakukan wakilnya di pusat terhadap daerah pemilihannya.

”Itu masalahnya, makanya para Incumbent yang  kembali akan bertarung ada baiknya memberikan informasi terhadap masyarakat, terkait apa saja yang sudah dilakukannya selama menjadi wakil rakyat Jambi. Bukan malah kembali mengumbar janji yang tak jelas ujungnya,” tukasnya.

Tak berbeda jauh, M. Farisi yang tak lain Dosen Fisipol Universitas Jambi (Unja), dan juga ketua Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi  (KOPIPEDE) Jambi  ini, juga menyatakan hal yang sama.

Menurutnya memang sejauh ini, tidak ada tolak ukur yang pasti, apakah para Caleg Incumbent sudah berkontribusi banyak terhadap daerahnya selama duduk disenayan atau tidak.

“Sehingga saat mereka kembali akan bertarung, tentu saja mereka wajib menyampaikan apa saja yang sudah diperbuat terhadap daerahnya, lima tahun yang lalu. Karena saat mereka duduk, kerja mereka kan secara kolektif.”

“Disanalah masyarakat harus cerdas menyimpulkan. Artinya, jika Caleg Incumbent tersebut minim kontribusi terhadap daerahnya, tentu tak perlu dipilih lagi lah, dan beri kesempatan terhadap Caleg baru yang memiliki visi dan misi yang jelas,” tegas M. Farisi.

Terpisah Nando Firdaus yang tak lain Caleg DPR RI Jambi, dari Partai Perindo sepakat, dengan peryataan dua pengamat politik Jambi tersebut.

“Saya pikir apa yang disampaikan para pengamat politik tersebut, sudah tak salah lagi. Untuk apa memilih kembali para Caleg Incumbent yang sudah kita berikan kesempatan lima tahun di senayan, namun minim kontribusi terhadap daerah,’ tutur Nando.

(rdc)