Kominfo Batanghari Diminta Optimalkan Statistik

0
50

BATANGHARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari menjalin kerja sama dengan melakukan penandatangan nota kesepakatan dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Batanghari, Rabu (10/04/2019) pagi. Ini adalah kerjasama dalam rangka fasilitasi kerja sama statistik dalam kabupaten Batanghari tahun 2019.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batanghari dalam hal ini diberikan kewenangan terkait statistik sektoral. Dengan ini, Kominfo Batanghari diminta melakukan dengan optimal.

Bertempat di ruang pola kantor Bupati Batanghari, acara dihadiri asisten III Setda Batanghari, Farizal, SH, MH, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Batanghari, Sehan Sofyan, Kepala BPS Batanghari Wasiriyanto, dan 65 orang peserta.

Kadis Kominfo menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan, dengan berdasarkan UU Nomor 16 tahun 1997 tentang statistik, UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah daerah, PP 51 tahun 1999 tentang penyelenggaraan statistik dan Perda Nomor 11 tahun 2016 tentang pembentukan susunan perangkat daerah.

“Acara kita laksanakan agar terjalinnya kerja sama dengan BPS untuk membentuk forum satu data atau dikenal dengan one data,” katanya.

Asisten III juga menyampaikan, berdasarkan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, Kominfop memiliki tugas terkait pengelolaan informasi dan komunikasi publik salah satunya urusan statistik.

“Itu wajib, statistik terbagi lagi ada dasar, sektoral, dan khusus,” katanya.

Kewenangan statistik sektoral berada di bawah koordinasi Dinas Kominfo sebagai wali data.

“Dinas kominfo diharapkan dapat mengoptimalkan urusan statistik di kabupaten Batanghari,” tutup Farizal.(Ali kucir)