Ditanya Warga Harga Sawit-Karet, Salam : Saya Juga Merasakan, Tapi..

0
331

MUARO JAMBI – Warga berbagai desa di Kecamatan Sungai Gelam, Senin (8/4/2019) malam menghadiri pertemuan yang digelar Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Perindo. Acara berlangsung menarik, terutama sesi dialog.

Sunardi, dari Desa Talang Belido salah satu warga yang berkesempatan mengungkapkan pertanyaan terkait tujuan Hanik Kurniati, Caleg DPRD Kabupaten Muaro Jambi nomor urut 1 Perindo Dapil Sungai Gelam maupun pada Wirit Bermani Dustar, Caleg DPRD Provinsi nomor urut 1 Dapil Muaro Jambi-Batanghari.

Tak ketinggalan, Hermawan dari Desa Sumber Agung juga menyampaikan keluhan mereka akan nasib para petani. Ia berharap besar pada calon wakil rakyat ini jika terpilih nanti, memperjuangkan para petani.

“Ingin menyampaikan tentang pengalaman yang bapak bicara. Kenapa kami pindah haluan, karena harapan kami tidak terwujud. Kami disini petani sawit, baik harganya, jalannya hancur,” kata Hermawan.

Mendapat pertanyaan ini, Wirit menyampaikan bagaimana fungsi wakil rakyat. Selain memperjuangkan aspirasi, wakil rakyat juga mustinya paham dengan kondisi masyarakatnya, terutama petani.

“Pak Salam ini petani karet, sawit dan peternak sapi. Dia tentu lebih tahu,” kata Wirit.

Sedangkan Perindo, bilang Wirit yang tak lain Sekretaris DPW Perindo Provinsi Jambi, terus memperjuangkan para pengusaha kecil. Mulai dari aksi nyata pada UMKM hingga gerobak gratis.

Dalam jawabannya, Abdul Salam mengurai kehidupannya sehari-hari sebagai petani. Naik turunnya harga komoditi sawit dan karet, sangat dirasakan Salam yang sebelumnya duduk di DPRD Provinsi Jambi Dapil Sarolangun-Merangin.

Berita terkait : Abdul Salam, Tokoh Merangin Yang Raih Penghargaan PETANI

“Bapak ibu merasakan, saya juga. Tapi naik turunnya ini, karena pengaruh harga pasar,” kata Salam.

Meski begitu, kata Salam, Pemerintah Pusat sudah mengeluarkan kebijakan untuk pengunaan karet untuk aspal.

Berita terkait : Sudah Buktikan Sendiri, Abdul Salam Ingin Perjuangkan APBN Untuk Budidaya Ikan

“Pak Presiden Jokowi, sudah mendorong pengunaan karet untuk aspal. Nah ini, akan menaikkan harga karet,” kata Salam disambut tepuk tangan warga dalam pertemuan di RT 05, Desa Tangkit

Tak hanya soal pertanian dan perkebunan, pertemuan yang berlangsung hangat dan santai itu juga dimanfaatkan warga untuk mempertanyakan program pemerintah seperti beasiswa, PKH hingga bantuan pemerintah lainnya. (Erw)