Kegigihan Yanti Didik Anak Putus Sekolah di PKBM Cerdas

Pendidikan

BATANGHARI – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah Lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan.

PKBM ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional dengan cakupan kegiatan antara lain Kejar Paket, A Kejar Paket B, Kejar Paket C, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), KBU (Kelompok Belajar Usaha), KUPP (Kelompok Usaha Pemuda Produktif), Pemberdayaan Perempuan, Keaksaraan Fungsional Dasar Dewasa, Taman Bacaan Masyarakat (Perpustakaan).

Seperti PKBM Cerdas yang beralamatkan di Komp.Villa Jhon Garuda RT 11 RW 02 Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Muara Tembesi yang ada di Kabupaten Batanghari ini adalah salah satu PKBM yang bisa dikatakan sukses dalam programnya.

Kenapa tidak, PKBM Cerdas yang di kelola oleh Yanti Susanty, SE. M.Pd ini sudah terselenggra di 21 Desa yang ada di Batanghari dengan jumlah keseluruhan murid sebanyak 550 orang.

PKBM Cerdas memberdayakan tenaga guru sebanyak 53 orang yang sudah memiliki title Sarjana. Cerdasnya lagi, Yanti lebih memprioritaskan para Sarjana yang belum memiliki pekerjaan di daerahnya masing-masing sebagai guru.

Saat Dinamikajambi.com mendatangi kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh PKBM Cerdas yang saat itu terlaksana di SD.73 Kecamatan Muara Tembesi para murid dari berbagai macam usia sedang memperhatikan apa yang diterangkan oleh gurunya dengan hikmat.

Fatmawati, S.Pd.I sebagai Tutor saat itu menceritakan sedikit pengalamannya kepada Dinamikajambi.com

“Tentunya berbeda sekali antara kita mengajar anak-anak dengan orang yang sudah memiliki usia, namun perbedaan itulah yang menimbulkan keasikan tersendiri tentunya tidak terlepas dari semangat mereka yang ingin belajar walaupun sudah memiliki usia senja. inilah yang membuat timbulnya rasa peduli saya sebagai guru. Ini juga yang membuat saya mengerti apa makna dari Guru Adalah Pahlawan Tanpa Jasa,” ucap Fatmawati.

Yanti mengatakan berjalannya kegiatan PKBM di SD.73 ini juga hasil kerjasama antara pengelola dengan Kepala Desa Sukaramai, Hermanto yang saat itu hadir mendampingi warganya yang sedang belajar.

“Saya selalu menjelaskan dan menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan, bahkan saya langsung turun ke rumah warga-warga untuk mengajak mereka mengikuti Sekolah Cerdas ini. Selain itu Saya menghimbau kepada para RT, Kadus dan seluruh masyarakat. Kalau ado anak-anak kito yang putus sekolah segeralah mendaftarkan diri ke PKBM Cerdas ini. Gratis dak pakek biaya,” tambah Hermanto.

Yanti sebagai pengelola juga menjelaskan alasannya mendirikan PKBM Cerdas ini yang mana telah berdiri sejak Tahun 2016 lalu

“Ini semua dalam bentuk kepedulian karna saya kebetulan memang dari latar belakang pendidik, setiap tahun ada-ada saja penyebab dari murid-murid saya yang putus sekolah yang rata-rata penyebabnya adalah faktor ekonomi. Inilah yang membuat hati saya tergerak untuk mendirikan PKBM Cerdas,” ungkapnya.

Disini mereka bisa menyambung pendidikan mereka kembali tanpa harus memikirkan biaya membeli baju sekolah, sepatu dan kebutuhan sekolah lainnya.

“Harapan saya dengan adanya PKBM ini nantinya yang mana anak-anak yang telah putus sekolah atau tidak pernah mencoba bangku pendidikan sekalipun bisa melanjutkan cita-cita mereka yang tertunda tanpa harus memikirkan biaya,” tutup Yanti.(Ali Kucir)