Musrenbang RKPD 2020; Selaraskan Visi Misi Bidang Pertanian dan Pariwisata

0
230

MERANGIN – Pemerintah Kabupaten Merangin melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Merangin 2020, bertempat di aula Bappeda Merangin, Kamis (14/3).

Tampak hadir dalam acara ini unsur dari Pemprov Jambi, Bappeda Bungo, Bappeda Sarolangun dan intansi lainnya itu, bupati menitip ke pihak Pemprov Jambi untuk memasukan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Merangin.

Dalam sambutannya, Bupati menekankan, semua peserta bisa mewujudkan visi misi ‘Merangin unggul di bidang pertanian dan pariwisata’ yang telah dibangun bersama.

‘’Kita tidak bisa bekerja tanpa visi dan misi. Mengapa kita pilih unggul di bidang pertanian dan periwisata? Ini karena alam Kabupaten Merangin sangat mendukung untuk dua bidang tersebut,’’ ujar Bupati.

Merangin memiliki banyak potensi wisata alam. Bidang wisata ini nanti akan menjadi brending pendapatan daerah. Untuk mendongkrak bidang tersebut, bupati berupaya memasukan Merangin ke Kawasan Stategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Kabupaten Merangin yang memiliki wilayah terluas dibandingkan kabupaten/kota di Provinsi Jambi, tanahnya sangat subur. Ini sangat memungkinkan dikembangkannya potensi pertanian.

‘’Sekarang kita sedang mengembangkan pertanian bawang putih di kawasan Jangkat, semoga nanti hasilnya bisa memuaskan. Kita juga akan kembangkan berbagai jenis tanaman lainnya untuk kesejahteraan para petani kita,’’ terang Bupati.

Bupati sangat yakin, Kabupaten Merangin yang didukung dekat dengan Bandara Muara Bungo akan semakin mempermudah para wisatawan untuk berkunjung. Nanti lanjut bupati, hotel-hotel berbintang juga akan tumbuh di Merangin.

Kepada para kepala desa yang telah membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Wisata, bupati sangat mengapresiasinya untuk terus dikembangkan. Hal ini buka yang melahirkan lokasi-lokasi baru wisata yang perlu terus untuk dikembangkan.

Sementara, Kepala Bappeda Merangin Agus Zainuddin menyampaikan, Musrembang RKPD ini merupakan lanjutan dari beberapa rangkaian musrembang, mulai di desa dan kecamatan yang dilakukan untuk membahas pembangunan Kabupaten Merangin di tahun 2020.

“Ya kegiatan ini hasil dari Musrenbang Desa dan Kecamatan yang telah dilakukan dan hasilnya dibahas di Pra Musrenbang kemarin dan dibahas kembali di Musrenbang RKPD tahun 2020,” ujarnya.

(rdc)