Resmi, Bupati Serahkan Izin Pembangunan Pabrik Semen Baturaja

Bisnis Pemerintahan

SAROLANGUN- Bupati Sarolangun, Drs H Cek Endra bertatap muka dengan Direktur Utama (Dirut) PT Semen Baturaja yakni Jobi Triananda Hasjim. Tatap muka di Rumah Dinas Bupati yang terletak di kawasan Ancol Sarolangun, bersamaan dengan menyerahkan izin lokasi pembangunan pabrik.

Dalam penyerahan izin lokasi dihadiri oleh pejabat tinggi Baturaja, diantaranya Direktur Produksi & Pengembangan, Daconi dan Direktur Umum & SDM, Amrullah beserta jajaran staf.

Bupati H Cek Endra mengatakan, bahwa Pemkab Sarolangun dengan serius mendukung dan mendorong, agar pembangunan pabrik di wilayah Bukit Bulan, Kecamatan Limun cepat beroperasi.

“Momen ini dinilai special, artinya Bupati sengaja mengundang Dirut PT Semen Baturaja dalam rangka menyerahkan izin lokasi pembangunan pabrik Baturaja. Kami berharap Baturaja betul-betul berdiri di Sarolangun, kami menilai acara ini adalah special, karena sudah terealisasi dalam legal formal,” jelasnya.

Menurut H Cek Endra, kehadiran dan perencanaan semen Baturaja sudah lama berproses di Kabupaten Sarolangun. Izinnya pun sudah lebih 3 periode bupati yang diberikan. Hanya saja, terkendala dengan tekhnis dan lainnya.

“Sejak saya menjabat sebagai Bupati Sarolangun, sepertinya sudah 3 kali berganti direksi. Pertama dengan pak Pamuji, kemudian pak Rahmat dan sekarang digantikan pak Jobi. Mudah-mudahan pada masa pak Jobi ini pembangunan pabrik Baturaja benar-benar beroperasi. Sebab masyarakat menanti operasi pabrik semen Baturaja dengan izin lahan seluas 3.600 hektar,” ucapnya.

Terpisah, Dirut Semen Baturaja, Jobi Triananda Hasjim mengatakan tatap muka secara langsung dengan Bupati Sarolangun, adalah pertama kali seusai dirinya didaulat menjadi Dirut Semen Baturaja pada akhir bulan Oktober tahun lalu. Dalam agenda ini, Jobi mengakui membahas mengenai perkembangan rencana pembangunan Pabrik Baturaja III di Kabupaten Sarolangun yang saat ini progresnya terus dikebut.

”Ini menjadi kabar baik bagi kami Semen Baturaja, karena dengan telah diterbitkan nya izin lokasi pembangunan Pabrik ini sangat membantu progres percepatan pembangunan pabrik di Sarolangun,”kata Jobi. Ini menjadi kabar baik bagi kami Semen Baturaja, karena dengan telah diterbitkan nya izin lokasi pembangunan Pabrik ini sangat membantu progres percepatan pembangunan pabrik di Sarolangun,” tambah Jobi.

Selain itu, Jobi mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemerintah Kabupaten Sarolangun, khususnya Bupati Sarolangun, H Cek Endra yang selalu siap membantu dan mendukung penuh proyek strategis Semen Baturaja, sebab akan berdampak luas pada masyarakat. Selain peningkatan perekonomian masyarakat, keberadaan pabrik akan berdampak pada peningkatan pendapatan daerah dengan kontribusi pajak dan retribusi, kemudian akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja. Hal ini bakal menunjang kebutuhan semen bagi proyek infrastruktur pemerintah dan swasta.

“Ini kan investasinya besar, pasti multiplier effect-nya pun besar, bukan hanya Kabupaten Sarolangun saja tetapi Provinsi Jambi,” pungkasnya (Ajk)