Perubahan Cuaca Tak Menentu, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi : “Waspada ISPA”

0
130

JAMBI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan, karena menurutnya perubahan cuaca yang tak menentu saat ini sangat rentan timbulnya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinkes Provinsi Jambi, Samsiran Halim saat ditemui dinamikajambi.com di ruang kerjanya, Rabu (28/11/18).

Dirinya menyampaikan, saat ini cuaca terlihat tidak menentu, kadang terjadinya hujan, terus tiba-tiba panas, dan itu sangat rentan timbulnya penyakit ISPA.

“Ya kita bisa liat cuaca sekarang, kadang hujan, kadang panas. Perubahan cuaca yng tidak menentu seperti saat ini, sangat rentan sekali timbulnya penyakit ISPA.” jelasnya.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat agar melakukan pola hidup yang sehat, istirahat secara teratur, dan perbanyak olahraga.

“Perubahan cuaca ini kan membuat kekebalan tubuh manusia menjadi lemah, nah disitulah penyakit ISPA ini akan timbul. Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat untuk istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat, dan sering olahraga.” imbuhnya.

Selain itu, Kadis Kesehatan tersebut juga menyampaikan, jika nanti perubahan cuaca ini lebih sering hujan. Dirinya menghimbau kapada masyarakat, untuk antisipasi terhadap banjir dan penyakit demam berdarah.

“Kalau hujan, ini kan rentan terjadi banjir, sehingga banyak binatang dan nyamuk yang berkembang. Jadi waspadalah terhadap penyakit DBD, karena hujan ini sangat rentan sekali dengan penyakit DBD.” pungkasnya. (Nrs)