Harga TBS Jauh Dibawah Harapan, Pemprov Jambi Usulkan Ini ke DPRD

0
274

JAMBI – Usai rapat menghadiri rapat Paripurna di DPRD Provinsi Jambi, Senin (26/11). Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M. Dianto berharap dengan adanya Perda tentang Perkebunan, bisa mengawal harga-harga komoditi hasil perkebunan.

Dirinya mengatakan bahwa pemerintah provinsi Jambi, sudah usulkan 7 Ranperda kemarin pada DPRD Jambi. Selanjutnya tadi DPRD pun sudah membuat pansus yang nanti akan menggarap usulan tersebut.

Dalam 7 ranperda tersebut, ada 2 yang belum disetui DPRD Provinsi Jambi. Sementara itu, dari 5 yang sudah diterima terdapat perda tentang dinas perkenunan.

Untuk itu, Dianto berharap semoga nantinya dengan adanya perda tersebut, dapat membantu dalam memperbaiki harga komoditu sawit. Karena menurutnya, harga TBS saat ini masih jauh dari harapan masyarakat/petani.

“Kita harapkan, nanti kalau Perda yang diusulkan ini disetujui dari Dewan menjadi Perda Provinsi Jambi. Mudah-mudahan Perda ini lah, yang bisa mengawal harga-harga komoditi hasil perkebunan. Dan bisa dibeli oleh pihak pabrik tanpa melalui pihak-pihak lain.” imbuhnya.

Dirinya juga mengatakan, jika perda ini disetui, walaupun nantinya tak bisa memperoleh harga komiti meningkat, setidaknyo bisa mensyabil harga Sawit dan Karet. Sehingga nantinya masyarakat, khususnya petani bisa terbantu dari itu.

“Mudah-mudahan kalau Perda ini keluar. Kita niatnya membantu para petani sawit dan petani karet, agar komoditi hasil perkebunan itu paling tidak bisa stabil.” pungkasnya. (Nrs)