Prabowo Sindir Nasib Tukang Ojek, Gojek : Saya Sedih.. ?

0
341

JAKARTA – Meski tidak mau menanggapi pernyataan Prabowo soal nasib lulusan SMA yang menjadi tukang ojek, VP Corporate Affairs Gojek Michael Say menuturkan pihaknya memposisikan mitra Gojek atau pengemudi sebagai wirausaha. Michael menyebut mitra pengemudi sebagai pengusaha mikro. Dengan begitu, kontribusi mitra Gojek terhadap perekonomian pun cukup besar.

“Saya enggak mau menanggapi pernyataan siapapun. Tapi yang bisa saya pastikan kalau mitra Gojek adalah wirausaha. Jadi mereka adalah pengusaha mikro dan kontribusi mereka buat ekonomi cukup besar,” ujarnya ditemui di Kantor Gojek, Jakarta, Jum’at (23/11).

Dari sisi manajemen pun juga melakukan beragam upaya mulai dari pendapatan hingga kenyamanan. Michael menyebut tidak dipungkiri ada juga mitra yang sudah bisa berangkat haji dari menabung penghasilan mereka dan mendapatkan kredit rumah.

“Sekarang siapa yang bayangi hanya dari Gojek saja mereka kerja sehari-hari sudah bisa nabung buat naik haji. Kami juga mengajarkan mereka sebagai wirausaha,” jelas Michael.

Lebih lanjut, dia mengatakan saat ini manajemen tidak menganggap mitra sebagai profesi, tetapi wirausaha. Manajemen Gojek pun mengajarkan kepada mitra pengemudi untuk tidak menunggu pelanggan saja, namun juga harus menjemput para penumpang. Sehingga, tidak membuang-buang waktu layaknya pengusaha.

“Bagaimana di jalan mereka (pengemudi) tidak idle (waktunya),” tegasnya.

“Saya sedih dengan realita yang ada, seperti di meme yang ada di internet terkait jalan karir anak muda di Indonesia, dari SD, SMP, SMA dan setelah lulus dia jadi ojek driver. Sedih tapi itulah realitas,” kata Prabowo saat menyampaikan pidatonya di acara Indonesia Ecomic Forum, Rabu lalu.

Sumber : Jawapos.com