Alamakk… Surat Tua Peninggalan Penyair Ini Dibeli Seharga Rp 3,9 Milyar

0
161

FRANCIS – Barang-barang lelangan memang biasanya barang yang langka dan penuh dengan sejarah. Hal tersebut membuat harga barang yang dilelang memiliki nilai jual yang tinggi.

Seperti barang lelangan yang satu ini, sebuah surat bunuh diri yang ditulis oleh penyair Prancis abad ke-19 Charles Baudelaire, dijual di lelang seharga 234.000 euro atau Rp 3,9 miliar. Harga ini tiga kali lipat dari harga jual yang ditawarkan.

Surat itu ditulis oleh seorang pria, penyair berusia 34 tahun yang depresi dan tertekan secara keuangan kepada kekasihnya Jeanne Duval pada Juni 1845.

Surat bunuh diri yang ditulis oleh penyair Prancis abad ke-19 Charles Baudelaire.

Penyair itu menikam dirinya sendiri di dada pada hari yang sama saat surat itu ditulis, tetapi selamat dan hidup selama 22 tahun sampai ia meninggal karena sifilis pada 1867 di usia 46 tahun.

Surat itu dibeli oleh seorang kolektor pribadi pada Minggu 4 November di rumah lelang Osenat, yang menjual serangkaian surat dan karya asli penyair. Baudelaire paling terkenal di luar Prancis karena koleksi puisi “Les Fleurs du Mal” (Bunga-Bunga Jahat).

Sumber : Pojoksatu.id