Festival Film Jambi Diikuti 40 Peserta, Ini Daftar Pemenangnya

0
819

JAMBI – Didukung oleh Pusbangfilm Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Forum Film Jambi (FFJ) mempersembahkan “Festival Film Jambi 2018” dengan Tema 100% Indonesia. Selain peningkatan kuantitas peserta dan kualitas film yang dilombakan, FFJ sukses mengelar festival film setiap tahun.

Gelaran ke 5, Festival Film Jambi diikuti oleh 40 peserta dari seluruh Indonesia,
yang berasal dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, Jakarta, Aceh, Medan, Batam, Padang, Riau, Lampung, Sulawesi Barat dan Jambi sendiri.

“Dari 40 peserta ada 15 kategori dokumenter, 12 kategori fiksi umum, 13 kategori fiksi pelajar dan 30 kategori poster film,” bilang Edhyanto, panitia kegiatan.

Pemenang kategori Dokumenter terbaik I “Perahu Sandeq” dari Sulawesi Barat, Terbaik II “Lagu Baru Kaset” dari Jakarta

Kategori Fiksi Umum, Terbaik I “Incang Inceng” dari Yogyakarta, Terbaik II “Jendela” dari Jambi

Kategori Fiksi Pelajar, Terbaik I “Tongga Babeliang” dari Padang Terbaik II “Kita Beda tapi Satu” dari Jambi

Sementara Ketua Forum Film Jambi, Anton Oktavianti berharap, kedepannya bisa mengembangkan masyarakat pecinta film di Indonesia secara umum dan di Jambi khususnya melalui pendidikan hingga ajang penghargaan.

“Sehingga apapun bentuknya karya film yang digagas dan dibuat, akan mendapat tempat tersendiri, pasar tersendiri yang memicu geliat ekonomi kreatif. Sehingga anak bangsa bisa lebih mandiri, kreatif, inovatif dan berdaulat,” bilangnya.

Menariknya, melalui ajang festival film Jambi 2018, digelar pula penandatanganan untuk lahirnya program festival film Melayu. (Win)