Di Copot Karena Tahanan, Kalapas Sarolangun Langsung Dilantik Hari Ini

Daerah Hukrim

SAROLANGUN – Perkembangan kaburnya napi yang bernama Jamal dari Lapas klas III Sarolangun, diduga menjadi penyebab pergantian Kepala Lapas. Sementara Napi yang kabur dengan membawa sepeda motor pengunjung lapas kini masih dalam pencarian.

Hidayat, Kasubsi kamtib Lapas Klas III Sarolangun mengatakan, untuk perkembangan kasus kaburnya Jamal, kini sedang dalam tahap pencarian.

“Sekarang masih dalam pengejaran napi tersebut, mudahan pencarian dan pengejaran ini membuahkan hasil,” ungkapnya

Disamping itu ia mengatakan hari ini, Selasa (18/8) Kalapas di ganti dengan yang baru dan hari ini juga pelantikannya.

“Kalapas ganti, pelantikan hari ini di jambi,” katanya

Sementara Kakanwil Kemenkumham Bambang Palasara mengatakan dan membenarkan adanya penggantian ini. Bahkan dalam pergantian yang dilakukan, tidak hanya Kalapas Sarolangun saja akan tetapi Kalapas Merangin juga diganti.

“Hari ini ada 2 kalapas yang diganti yaitu kalapas bangko dan sarolangun dan ada sebagian pejabat eselon 4 dan 5, Kalapas baru sarolangun adalah Irwan pindahan dari Lapas Labuha Maluku Utara, terus kalapas yang lama, pak Jeremi pindah ke rutan kandangan di Kalimantan Selatan,” jelasnya

Menurutnya, pertukaran ini adalah hal yang biasa dan merupakan hal yang alamiah, sebab pengabdian dua kalapas tersebut sama sama menjabat 1 tahun 2 bulan dan SK nya juga sama. Biasanya jika kalapas menjabat sudah setahun lebih itu sudah harus di lakukan perputaran.

“Ya alamiah saja, Kalapas kan biasanya antara setahun dua tahun di puter itu biasa, mereka juga mendaftar dan gak naik gak turun memang penyegaran saja,” ucapnya

Dengan pertukaran pimpinan ini, ia berharap yang namanya pejabat baru harus ada penyegaran dan tambah semangat, kalau lama- lama dan lebih dua tahun menjabat akan menimbulkan kejenuhan.

“Kalau di pindahkan ada semangat baru dan penyegaran. Jadi biar semangat, mudahan ini akan membawa suatu kebaikan tersendiri,” pungkasnya (Ajk)