3 Jenis Ikan Berbahaya Ada Di Jambi, Berikut Keterangan Dari BKIPM

Pemerintahan

JAMBI – BKIPM Jambi menyerahkan tiga ekor ikan berbahaya/Invasif jenis Alligator ke kebun binatang Taman Rimba Jambi, Senin (6/8/18). Hal ini dilakukannya untuk mengedukasikan kepada masyarakat akan bahaya ikan predator tersebut.

Dalam penyerahan ini pihak BKIPM meminta untuk menjaga dan melindungi ikan ini, tidak menjual atau menyerahkan kepada masyarakat/instansi terkait. Serta melaporkan kepada karantina jika ikan ini mengalami sakit.

Dikatakan PPNS BKIPM Jambi, Mario A Yudistira, bahwa selama dibukanya Posko penyerahan ikan Predator tersebut, BKIPM Jambi telah menerima sebanyak 18 ekor ikan Predator jenis ikan Alligator.

“Sudah menerima 18 ekor ikan Alligator, dan 3 ekor Ikan Alligator diserahkan kepada UPTD untuk sarana edukasi kepada masyarakat, sekaligus sebagai bentuk sosialisasi atau himbauan kepada masyarakat, dan sisanya nanti akan kita musnahkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Taman Rimba Jambi, Taupiq Bukhari mengucapkan terima kasih atas penyerahan ikan Alligator ke Taman Rimba Jambi.

Dirinya mengatakan dengan penyerahan ikan Predator tersebut, dapat menambah koleksi binatang yang dimiliki oleh Kebun Binatang Taman Rimba Jambi.

“Untuk jenis ikan ini yang pertama, tapi kalo koleksi yang lain banyak. Ikan yang ada disini untuk jenis koleksi ikan sebanyak 71 spesies dengan jumlah 368 ekor,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Taupiq mengatakan bahwa banyak anak sekolah sering mengunjungi tempat ini, “jadi nanti ikan ini akan kami tunjukkan kepada mereka, sebagai eduksi supaya mereka tau kalau ikan dengan bentuk dan jenis ini berbahaya,” tambahnya.

Dikatakannya juga untuk sementara waktu, Ikan Predator tersebut akan tempatkan didalam kolam, karena pihaknya belum memiliki Aquarium untuk tempat ikan tersebut.

“Nanti kita akan buat Aquarium, dan kita juga akan beri keterangannya,” pungkasnya. (NRS)