Perkantoran dan Perusahaan di Muaro Jambi Belum Tersedia Pojok ASI

Daerah

MUARO JAMBI – Pojok ASI atau ruang laktasi adalah sebuah ruangan khusus yang sengaja disediakan oleh institusi (perkantoran, perusahaan, tempat bekerja) yang memiliki fungsi untuk memberikan privasi bagi seorang ibu menyusui yang juga bekerja untuk memberikan ASI kepada bayinya ataupun untuk memerah ASI.

Meskipun Pojok ASI sudah termasuk Hak asasi bagi bayi dalam mendapatkan ASI ketika ibunya bekerja, sejauh ini di Bumi Sailun Salimbai baik di perkantoran maupun di perusahaan, belum ditemukan adanya pojok ASI yang disediakan bagi ibu menyusui.

“Untuk pojok ASI di Kabupaten Muarojambi sementara ini baru disediakan ditempat tempat pelayanan kesehatan saja. Seperti di Rumah sakit dan Puskesmas saja. Untuk di perkantoran dan perusahaan belum ada,” sampai Yes Isman, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi.

Belum disosialisasikannya pojok ASI ke perkantoran, perusahaan dan tempat kerja ini, akibat belum adanya payung hukum dan regulasi yang mengatur hal tersebut di Kabupaten Muarojambi.

“Itu hambatannya saat ini, bila ada payung hukum dan regulasi mengenai pojok ASI di Kabupaten Muarojambi, pasti akan kita sosialisasikan secepatnya,” tuturnya.

Dari itu, Yes Isman menambahkan, kedepannya pihaknya, dalam hal ini Dinas Kesehatan Muarojambi secepatnya akan mengajukan payung hukum mengenai pojok ASI tersebut.

“Ya akan kita ajukan secepatnya mengenai payung hukum pojok ASI ini. Sebab laporan data pojok ASI ini juga dipinta oleh Komnas HAM,” ungkapnya. (Din)