Pemprov Apresiasi Masukkan dan Dukungan Perubahan RPJMD

Parlemen Pemerintahan

JAMBI – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr. Drs. H. Fachrori Umar,M.Hum bersama DPRD Provinsi Jambi melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan Rancangan Awal Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Tahun 2016-2021, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi, Selasa (05/06) sore.

Fachrori mengucapkan terima kasih kepada Dewan, atas sumbang pemikiran yang positif dalam mengkaji, menelaah dan mencermati rancangan awal perubahan RPJMD. Karena, Pemprov sangat memerlukan masukan dan dukungan dari DPRD.

“Masukan dan dukungan atas rancangan awal perubahan RPJMD ini sangat diperlukan bagi Pemerintah Provinsi Jambi penyempurnaan rancangan awal perubahan RPJMD, sebelum dikonsultasikan ke Menteri Dalam Negeri RI dan menjadi dasar rancangan awal perubahan RPJMD Provinsi Jambi,” ujarnya

Fachrori mengharapkan, rancangan awal perubahan RPJMD ini menjadi lebih baik lagi dan memacu capaian visi Jambi TUNTAS 2021, karena rencana yang baik merupakan bagian dari keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan. Untuk mencapai keberhasilan juga diperlukan komitmen, kerja keras dan kerja sama dari semua pihak.

“Saya mengingatkan kepada tim penyusun perubahan RPJMD Provinsi Jambi  agar segera menindaklanjuti masukan masukan yang telah disepakati hari ini, karena ini merupakan langkah awal dari komitmen kita bersama dengan DPRD Provinsi Jambi,” tuturnya.

“Kepada Kepala OPD Provinsi, untuk mempedomani masukan masukan yang telah disampaikan oleh DPRD Provinsi, dalam rancangan awal penyusunan renstra di masing masing,” lanjut Fachrori.

Pemprov segera mempelajari dan merumuskan rencana rencana strategis kedepannya, sebagai bagian dari perubahan RPJMD guna lebih mendukung dan mempercepat terwujudnya visi Jambi TUNTAS 2021.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi, Chumaidi Zaidi, SE dengan jumlah anggota yang hadir sebanyak 35 orang dari 53 dewan.

Sebelumnya, H.Juber, S.Ag membacakan masukan dan saran dari DPRD Provinsi terkait rancangan awal perubahan RPJMD.

Juber mengemukakan, RPJMD merupakan pedoman yang sangat strategis sebagai indikator utama kinerja Pemprov dalam menyusun kegiatan setiap perangkat daerah serta penyusunan rancangan kerja Pemerintah Daerah.

“Selama 2 tahun terakhir, banyak dinamika yang terjadi, baik dari sisi hukum, pengaruh kebijakan Pemerintah Pusat, kondisi perekonomian dan dinamika sosial, serta hal lainnya, maka hal itu menjadikan satu alasan untuk melakukan penyesuaian pada RPJMD Provinsi Jambi Tahun 2016-2021,” ungkap Juber.

Masukan dan saran yang diberikan oleh DPRD Provinsi Jambi sebagai berikut:

1. Pemprov harus benar benar memahami poin poin yang mengalami perubahan pada RPJMD Provinsi, sehingga terjadi konsep pembangunan yang selaras dengan visi Jambi TUNTAS 2021.

2. Bappeda Provinsi harus melakukan penguatan terhadap tim penyusunan perubahan RPJMD Provinsi sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.

3. Penetapan indikator kinerja, penambahan program maupun perubahan lainnya pada perubahan RPJMD Provinsi harus disusun secara realistis berdasarkan potensi daerah. (djc1)